Asprov PSSI Sumut Buka Kursus Lisensi D

KOREKSI.co.id : Ketua Asprov PSSI Sumut, Kodrat Shah di­wakili Exco PSSI Sumut Prof Fidel Ganis Siregar, membuka Kursus Pelatih Lisensi D Nasional di Wisma USU Medan, Rabu (24/4) malam. Dalam arahannya, dia meminta Askot dan Askab PSSI agar proaktif mening­katkan kemampuan pela­tih­nya.

“Pelatih adalah ele­men pen­­ting yang menen­tukan ke­majuan sepak­bola di klub maupun suatu daerah, kalau pelatihnya hebat prestasi tim­nya juga bakal hebat,” kata Fidel.

Tanpa disadari, selama ini mungkin ada yang salah da­lam pembinaan sepakbola, se­bab itu kur­sus pelatih ibarat jalan untuk kembali menuju arah yang benar. Dikatakan, USU akan se­lalu mem­fa­sili­tasi pembi­na­an olah­raga khu­sus­nya sepak­bola, apa­lagi Rektor USU Prof Run­tung sangat men­du­kung, dengan digelarnya kursus pela­tih sepak­bola di USU.

“Kita disini juga punya klub PS Keluarga USU,” papar Fidel dalam acara yang dihadiri Exco sepak­bola wanita Sri Radrida Lubis, Wasekum Asprov PSSI Sumut Muha­mmad dan pengurus lain­nya.

Acara pembukaan juga diha­diri koordinator instruk­tur Iwan Setiawan yang merupakan pelatih asal Sumut dan kini menjabat sebagai Direktur Tehnik Ma­dura United. Dia senang bisa ber­bagi ilmu di kampung halamannya. “Peningkatan ke­mam­pu­an pelatih merupakan hal penti­ng, apalagi jika dikaitkan dengan posisi sepakbola Su­mut saat ini,” katanya.

Sementara, Ketua Panpel, Zeini Zein ber­harap, seluruh peserta interaktif menggali ilmu dalam kursus ini, sebab Iwan adalah sosok yang mempunyai segudang peng­a­laman dalam mem­bangun tim di Indonesia.

Kursus Lisensi D Nasional 2019 ini di­ikuti 19 orang pe­serta dan satu dian­taranya be­rasal dari Aceh Tamiang. Peserta lainnya berasal dari Deliser­dang, Medan, Tobasa, Langkat, Gunung Sitoli, Madina, Taput, Binjai dan Tanjung Balai. (KRD)