Denpasar Dikepung tumpukan sampah plastik

Koreksi.co.id – denpasar Bali, Situasi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini membuat Pemkot Denpasar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Denpasar mempersiapkan tenaga khusus. Pasgap Biru Dinas PU siap siaga dan diterjunkan secara khusus dibeberapa titik yang sering mengalami sumbatan drainase. Meski hari libur yakni pada Minggu (9/3) tampak Pasgap Biru Dinas PU Denpasar membersihkan kawasan Jalan Pulau Galang, Desa Pemogan yang tersumbat sampah plastik dan membuat air drainase meluber kejalan.

 

Menurut Kepala Dinas PU Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta bahwa pihaknya memiliki 329 orang tenaga Pasgap Biru bertugas untuk menangani masalah kebersihan sungai di Kota Denpasar. Hal ini disiapkan secara khusus Pemkot Denpasar melakukan pembersihan beberapa aliran sungai yang membelah Kota Denpasar. “Tenaga khusus pembersih sungai tersebut merupakan upaya untuk terus menjaga kebersihan sungai-sungai di Denpasar. Beberapa sungai juga menurutnya sebagai skala prioritas seperti  Tukad Mati, dan Tukad Badung, yang notabene merupakan sungai yang cukup besar,” jelasnya.

 

Pasukan biru ini bekerja di bawah komando Dinas PU Kota Denpasar yang bertugas membersihkan sampah-sampah yang ada di sungai di seputaran Kota Denpasar. Seperti giat yang dilaksanakan kali ini mengingat sumbatan akan mengganggu rutinitas warga sekitar. Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat turut serta dalam menjaga kebersihan dan tidak menjadikan sungai sebagai tempat membuang sampah yang akan berdampak buruk pada kebersihan pantai.

 

Terkhusus pada kegiatan di Pulau Galang ini pihaknya menerjunkan dua armada pengangkut sampah yang diangkat Pasgap Biru dari sungai tersebut. “Kebanyakan sampah plastik yang ditemukan petugas di lapangan, dan ini juga telah kita antisipasi dengan memasang jaring” ujarnya.

 

Selebihnya Jimmy menyampaikan antisipasi untuk sampah di pemogan agar tidak terbawa hingga laut pihaknya telah memasang jaring sampah. Hal ini nantinya diharapkan dapat memudahkan petugas untuk mengumpulkan lokasi sumbatan akibat dari sampah. Ia berharap  agar masyarakat turut serta menjaga kebersihan sungai sekitar desa pemogan dengan tidak membuang sampah sungai.

 

Antisipasi ini dilakukan agar tidak pada saat curah hujan tinggi nanti dapat mengakibatkan banjir akibat dari sampah yang menyumbat di drainase. “Mari tingkatkan kesadaran bersama, dan kami bersama Pasgap Biru PU Denpasar siap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” ujarnya.