Jelang Ramadhan, Harga Komoditas Dapur Melonjak

KOREKSI.co.id, Bojonegoro – Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan, harga sejumlah bahan pokok komoditas dapur di pasar-pasar tradisional, khususnya di Kabupaten Bojonegoro, mulai merangkak naik. Diantaranya, bawang merah dan bawang putih yang sejak 3 hari belakangan mulai merangkak naik di tingkat pedagang. Hal ini disebabkan jumlah stok yang menipis, sehingga harga melambung tinggi di pasaran.

Menurut Sum, salah seorang pedagang pasar tradisional, kenaikan tertinggi terjadi pada komoditas bawang merah yang sebelumnya Rp 30 ribu/kg, kini meroket menjadi Rp 45 ribu/kg. “Sedangkan bawang putih, yang sebelumnya Rp 35 ribu/kg, kini menjadi Rp 45 ribu/kg,” kata Sum.

Sementara harga komoditas dapur lain terpantau normal, seperti cabai merah kriting yang berada di kisaran Rp 24.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp 35.000 per kilogram, dan cabai rawit hijau Rp 16.000 per kilogram.

Pedagang berharap, di bulan Ramadan nantinya seluruh harga kebutuhan pokok ini akan terus stabil, sehingga aktivitas jual beli di pasar kembali lancar dan tidak memberatkan masyarakat, terutama ibu-ibu rumahtangga. (JPN)