Liverpool Waspadai Serangan Balik Porto

KOREKSI.co.id – LONDON : Babak perempatfinal leg pertama Liga Champions antara Liverpool vs FC Porto diprediksi bakal berlangsung seru dan ketat, Rabu (10/4) pukul 02.00 WIB di Stadion Anfield.

The Reds belum pernah kalah melawan sang raksasa Portugal. Musim lalu, Liverpool jum­pa Porto di Babak 16 besar. Liver­pool menang agregat telak lima gol tanpa balas. Kelima gol pasu­kan Jurgen Klopp semuanya ter­cipta pada leg pertama di Portu­gal. Sadio Mane mencetak hat-trick, sedangkan Mohamed Sa­lah dan Roberto Firmino masing-masing menyumbang satu gol un­tuk timnya.

Trio Mane, Firmino dan Sa­lah berada dalam kondisi siap tempur. Mereka bakal menjadi tumpuan utama Liverpool di lini depan untuk mencoba meratakan jalan menuju babak berikut. Dari kubu Porto, Moussa Ma­re­ga bisa dibilang sebagai pema­in yang paling berbahaya.

Marega merupakan pence­tak gol terbanyak Porto di Liga Cham­pions musim ini (6 gol). Dia juga selalu mencetak gol da­lam enam penampilan ter­akhirnya untuk Porto di kompe­tisi ini.

Porto siap memberikan perla­wa­nan sengit dan memu­kau. Namun pelatih Sergio Concei­cao harus memutar otak dalam meramu komposisi pemainnya. Karena bek sentral Pepe terkena skorsing dan tak bisa dimainkan. Gelandang dan kap­ten Hector Herrera juga demi­kian. Sementara itu, penyerang Vincent Abo­u­bakar masih dibe­kap cedera dan kondisi bek sayap Alex Telles cukup meragukan.

Liverpool tak terkalahkan da­lam 20 laga kandang ter­akhir­nya di kompetisi Eropa (M14 S6 K1). Liverpool juga baru pernah kalah sekali dalam laga-laga kan­dangnya melawan tim-tim asal Portugal (M6 S3 K1). Wa­jar ji­ka The Reds begitu difavorit­kan menang.

Liverpool selalu menang dan selalu mencetak dua gol atau lebih dalam lima laga terakhir­nya di semua kompe­tisi. Namun Liverpool selalu gagal clean sheet dalam lima laga terakhir­nya tersebut. Liverpool tak terkalahkan da­lam 14 laga terakhirnya di semua kompetisi (M9 S5 K0).

Liverpool memenangi tiga laga kandang terakhirnya di se­mua kompetisi, mencetak 11 gol dan kebobolan tiga gol. Porto belum pernah menang di Inggris. Rekor tandang mere­ka melawan tim-tim Inggris ada­lah M0 S3 K15, mencetak 10 gol dan kebobolan 48 gol.

Porto belum pernah menang melawan Liverpool. Rekor Porto melawan Liverpool ada­lah tiga kali menang dan tiga kali kalah. Liverpool akan memecah kon­­sentrasi mereka guna meng­hadapi Chelsea di ajang Liga Inggris, apabila mereka kesuli­tan dan kelelahan dengan jadwal yang dihadapi, Liverpool akan melepas salah satu antara Liga Champions atau Liga Inggris

Situasi ini harus bisa diman­fa­at­kan Porto untuk setidaknya me­nahan imbang tanpa gol sebe­lum ganti menjadi tuan rumah di Do Dragao pada leg kedua.

Porto bermain dengan for­masi 4-4-2 dengan Hector Herre­ra dan Pereira sebagai motor se­ra­ngan dan pengatur irama per­ma­i­nan.

Porto juga mengandalkan kecepatan Brahimi dan Otavio di kedua sayap, dengan Tiquin­ho akan menyelinap masuk sebagai second striker di lini depan.

Liverpool wajib mewas­padai se­rangan balik Porto termasuk striker tajam Porto, Moussa Ma­re­ga, sejauh ini ia sudah mence­tak enam gol di ajang Liga Cham­­pions. Namun, di atas kertas, Liver­pool lebih diunggulkan dari Por­to, dengan komposisi skuat dan rekor pertemuan, bukan hal yang sulit bagi The Reds untuk me­nang di leg pertama. (ANS)