Pemprovsu Gelar Pelatihan Membatik di Lapas Klas II A

KOREKSI.co.id – MEDAN : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), bekerjasama dengan TP PKK, menggelar pelatihan membatik bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Klas II A Medan.

Pelatihan yang dibuka Ketua TP PKK Sumut, Nawal Edy Rahmayadi didampingi Wakil Ketua TP PKK, Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah ini, dilaksanakan di aula Lapas Perempuan Klas II A Medan, Jalan Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta Medan, Selasa (5/3).

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Sumut memberikan motivasi kepada para warga binaan.

“Pengalaman hidup yang saat ini kalian miliki, tidak boleh membuat kalian berputus asa. Harus senantiasa tabah dalam menjalani cobaan ini, dan yang pasti harus berusaha untuk bangkit dan menjadi orang yang lebih baik,” ujarnya.

Nawal juga mengingatkan agar para warga binaan senantiasa berdoa dan memiliki impian, khususnya impian untuk keluar dari lapas tersebut. Lebih lanjut, dirinya menceritakan kisah-kisah sukses warga binaan yang berhasil bangkit kembali dan mendirikan usaha usai keluar dari lapas.

“Untuk itu, pelatihan membatik hari ini harus kalian manfaatkan sebaik-baiknya. Sehingga saat keluar nanti kalian punya keahlian,” pesannya.

Nawal berjanji akan merencanakan agenda untuk mengundang warga binaan ke Rumah Dinas Gubernur.

“Setiap bulannya kita itu ada silaturahmi dengan anak panti asuhan di rumah Dinas Gubernur, kalian mau juga saya undang ke rumah dinas,?” tanya Nawal, yang disambut dengan sorakan bersemangat mengiyakan dari para warga binaan.

Sementara itu, Kadis PPPA Sumut Nurlela menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah untuk membekali dan memperkuat keterampilan warga binaan lapas. Sehingga, saat keluar dari lapas nantinya mereka mampu untuk mandiri secara ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup mereka dan keluarga.

“Hari ini pelatihan diikuti oleh 50 orang warga binaan yang akan keluar dalam kurun waktu terdekat. Mudah-mudahan nantinya kita dapat memfasilitasi untuk lebih banyak lagi warga binaan,” ucapnya.

Sedangkan, Kepala Lapas Perempuan Klas II A Medan Surta Duma Sihombing menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemprov Sumut, karena telah melaksanakan program pelatihan membatik di Lapas Perempuan Klas II A Medan.

“Menanggapi undangan Ibu Nawal kepada warga binaan untuk berkunjung ke rumah dinas, tentunya kami sangat senang. Mudah-mudahan akan segera terlaksana,” katanya. (WPD)