PSMS Medan Pimpin Klasemen Wilayah Barat

KOREKSI.co.id – MEDAN : PSMS Medan berhasil me­mimpin klasemen Wilayah Barat setelah membungkam tim juru kunci PSGC Ciamis 2-1 dalam pertan­dingan pekan kesepuluh Liga 2 2019 di Stadion Teladan Medan, Kamis (8/8).

PSMS mengolek­si 20 poin dalam sepuluh laga yang sudah dimainkannya. Legi­min Rahardjo dkk juga masih me­nyisakan satu laga sebelum ber­ak­hirnya putaran pertama de­ngan memain­­kan laga away di kandang Persiraja.

PSMS berhasil unggul melalui gol Ilham Fathoni pada menit ke-14 dan Yuda Riski Irawan (84). Fabio Marko Kodoati mencipta­kan gol satu-satunya bagi PSGC pada menit ke-11.

Meski mencatat kemenangan dan memimpin klasemen Wila­yah Barat hingga pekan kese­pu­luh, PSMS Medan harus susah payah untuk memetik ke­mena­ngan.

Skuad Tim Ayam Kinantan bahkan kebobolan lebih dulu pada menit ke-11, melalui Fabio Mar­ko. PSMS baru bisa memas­tikan kemenangan pada saat pertan­di­ngan sudah memasuki menit ke-84, melalui Yuda Riski Irawan. Lini serang PSMS Medan ti­dak mudah menembus pertaha­nan lawan, sebab skuad PSGC ber­main disiplin.

PSMS yang kali ini mengisti­ra­hat­kan kiper Choirun Nasirin, dan Guntur Pranata mendapat kepercayaan untuk mengawal gawang tim Ayam Kinantan.

Al Hadji, Afiful Huda, Syaiful Ra­madhan dan Wira Satria, sem­pat kurang solid, sehingga striker PSGC Fabio Marko bisa mencuri bola memanfaatkan kelengahan pemain bawah PS­MS. Pe­main dengan nomor punggung 13 ini bisa membobol gawang PSMS yang dikawal kiper Guntur Pranata.

Untungnya, PSMS cepat me­m­balas ketertinggalan dalam tempo tiga menit melalui Ilham Fathoni. Gol ini berawal se­pak pojok yang diambil Rendi Saputra dan kemudian jatuh ke dekat Il­ham yang meneruskan bo­la dengan sepakan bagian be­lakang kakinya.

Dalam upaya memaksi­mal­kan serangan, pelatih Abdul­rah­man Gur­ning melakukan pergan­tian dengan menarik Natanael Siringoringo dengan me­ma­suk­kan Yuda Risky, serta meng­gan­tikan Al Hadji dengan Andre Site­pu.

Keputusan yang diambil pelatih, mampu meningkatkan daya serang dan Yuda Risky berhasil mencetak gol kemena­ngan bagi PSMS Medan. Yuda Riski membobol gawang PSGC melalui sundulan setelah mene­rima umpan crossing dari Ilham Fathoni.

Sebelumnya, Yuda Risky sempat melakukan tembakan keras dari area penalti, namun masih bisa diblok Iwan Muha­mmad Gunawan, kiper cadangan PSGC yang masuk setelah kiper utama­nya harus ditarik keluar karena cedera setelah berben­tu­ran dengan Ilham Fathoni.

Dalam laga lainnya di Wilayah Barat, PSCS Cilacap menak­luk­kan Persiraja Banda Aceh 3-2. Kekalahan ini mem­buat Persiraja Banda Aceh yang sebe­narnya juga berpeluang memim­pin, aki­bat kekalahan tersebut harus tertahan di peringkat kelima kla­semen sampai pekan kesepu­luh.

Dalam posisi empat besar, hi­ngga pekan kesepuluh PSMS Me­dan dibuntuti Cilegon United yang mengoleksi 19 poin dan se­men­tara menempati pering­kat kedua. Sriwijaya FC di peringkat keti­ga de­ngan 18 poin, dan PSCS Cila­cap di po­si­si keempat dengan mengoleksi 18 poin.

PSMS Medan dijadwalkan memain­kan laga away pada pe­kan kesebelas dengan bertan­dang ke markas Persiraja Banda Aceh pada 14 Agustus.

Dalam hari yang sama, Persibat men­jamu PSPS. Perserang Serang melade­ni Cile­gon United. PSGC men­jamu PS­CS, kemu­dian Sriwijaya FC me­ladeni Babel United. (ans)