Putri Koster Sosialisasikan “HATINYA PKK” di Denpasar

KOREKSI.CO.ID-Denpasar,Bali – Guna mempercepat penghijauan seluruh natah (halaman rumah) di Bali, Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster, secara marathon melakukan sinkronisasi dan harmonisasi gerakan PKK. Kali ini, Putri Koster beserta jajaran pengurusnya turun ke Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Rabu (13/2).

Dalam arahannya, Putri Koster menerangkan bahwa salah satu program yang tengah digalakkan adalah HATINYA PKK yang berarti Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman.

Program ini digalakkan agar nantinya seluruh halaman rumah masyarakat Bali menjadi indah setelah ditanami tanaman yang berguna untuk kebutuhan sehari-hari. Kepada masyarakat sekitar, ia mengharapkan agar natah rumah masyarakat Bali dapat dikembalikan fungsinya seperti zaman dulu yaitu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Saya ingin agar semua natah ditanami sayuran dan obat-obatan, untuk kebutuhan keluarga sehari-hari. Jadi selain menambah asri halaman rumah, masyarakat juga menjadi lebih hemat karena semua kebutuhan sudah tersedia di natah,” jelasnya didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny Selly Dharmawijaya Mantra.

Lebih dari itu lanjutnya, kedepan dia tidak ingin gerakan seperti ini dilakukan hanya pada saat lomba. “Jangan hanya berhenti pada satu rumah sebagai percontohan, saya ingin semua melakukan gerakan yang sama,” ujarnya.

Untuk mendukung program tersebut, ia mengaku bahwa pihaknya telah menyiapkan dana yang disebar ke seluruh kabupaten/kota di Bali.

“Kali ini TP PKK menyiapkan anggaran sebesar Rp1 miliar, dan saya berharap untuk kedepan bisa diperbanyak lagi,” tuturnya.

Ia mengaku PKK Provinsi Bali bekerjasama dengan Pemprov Bali memberikan bantuan sebesar Rp15 juta bagi masing-masing desa percontohan untuk membeli tanaman agar ditiru oleh desa di sekitarnya. Selain bantuan tersebut, PKK Provinsi Bali dan pemprov juga telah menyiapkan dana bantuan untuk lansia sebesar Rp12 juta di setiap desa percontohan.

 

 

REPORTER

MADE ARNAWA

 

EDITOR

ERWIN FALS