Universitas Warmadewa Ajukan Proposal Penelitian Dosen Tetap

KOREKSI.co.id, Denpasar – Ketua Tim Penilai Hibah Penelitian Bagi Dosen Tetap Yayasan Tahun 2019, Nyoman Gede Maha Putra ST MSc PhD, Senin (15/4) mengatakan bahwa para Dosen Universitas Warmadewa telah mengajukan proposal penelitian kepada Yayasan Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali.

“Teman-teman di (Universitas) Warmadewa telah membuat proposal untuk penelitian. Hari ini proposal tersebut akan diberi masukan dan akan dilihat oleh dua orang reviewers yang berkualifikasi DIKTI,” ujarnya.

Setelah diberikan masukan, proposal tersebut akan dilakukan perbaikan dan selanjutnya akan diberikan penilaian. Adapun dua reviewers yang berkualifikasi DIKTI yakni Arianingsih dari Poltek Negeri Provinsi Bali dan Eka Marti Ningsih dari Universitas Maha Saraswati. “Kita sengaja mencari dari luar Warmadewa tapi yang berkualifikasi DIKTI. Untuk menjaga independensi,” terangnya.

Setidaknya, kata dia, saat ini sudah ada kurang lebih 34 proposal dari berbagai jurusan seperti ekonomi, pertanian, tehnik, kedokteran dan lainnya yang akan ditindaklanjuti. Sejak awal, penelitian dianggap sesuatu yang tidak penting. Pihaknya menginginkan, setelah proposal tersebut ditindaklanjuti dan dilakukan penelitian bisa memiliki manfaat bagi masyarakat. “Kami ingin membangun ekosistem research bersama masyarakat,” jelasnya.

Menariknya, penelitian yang akan dilakukan akan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Contohnya, proposal penelitian dari salah satu Dosen berlokasi di Kabupaten Badung, maka lokus penelitian tentunya akan dilokasi tersebut. Dan juga akan mendapat masukan dari masyarakat langsung.

Disisi lain, Nyoman Gede Maha Putra juga berupaya untuk mendekatkan antara Universitas (Kampus) dengan komunitas masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha.

Sementara menurut Rektor Unwar Prof dr I Dewa Putu Widjana DAP&E SP Park berharap, hasil-hasil dari WaCR atau warmadewa Rescarch Cernter ini bisa mensupport lembaga penelitian dalam rangka memperkuat databis penelitian Dikti, mengingat databis itu nantinya sangat penting manfaatnya dalam rangka mendongkrak status perguruan tinggi Unwar yang selama ini masih merupakan status binaan.

 

 

REPORTER

MADE ARNAWA

 

EDITOR

ERWIN FALS