USU Umumkan Hasil SNMPTN 2019

KOREKSI.co.id – MEDAN : Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 2.508 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 yang diumumkan serentak, Jum’at (22/3), pukul 13.00 WIB melalui laman resmi SNMPTN di http://pengumuman.snmptn.ac.id. Hal tersebut dinyatakan melalui siaran pers yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasis­waan, dan Kealumnian USU melalui Kepala Humas, Protokoler dan Promosi USU, Elvi Sumanti ST MHum mengatakan, majunya jadwal pengumum­an mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah bisa diselesaikan lebih cepat. Selain itu, untuk membe­rikan kesempatan bagi siswa tidak lolos agar dapat mendaftar UTBK Gelombang I.

Dijelaskannya, pada Tahun Akademik 2019/2020, USU menerima 2.508 calon mahasiswa dari jalur SNMPTN. Sementara jumlah peserta Bidikmisi sebanyak 650 orang. Program studi paling diminati dalam SNMPTN 2019 adalah Ilmu Kedokteran, Framasi, Teknologi Informasi, Ilmu Hukum dan Akuntansi.

Kepada siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN, dinyatakan wajib hadir saat registrasi (daftar ulang) pada waktu dan tempat sesuai ketentuan masing-masing PTN. Kehadiran saat registrasi menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta.

Peserta yang dinyatakan lulus akan dinyatakan diterima di PTN yang bersangkutan dengan syarat memenuhi ketentuan, yakni lolos verifikasi data akademik (rapor dan portofolio asli) serta menunjukkan ijazah/Surat Keterang­an Tanda Lulus (SKTL) asli dan persyaratan lain, yang akan dilaksanakan PTN tempat peserta SNMPTN diterima.

Bagi peserta Bidikmisi harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen dan/atau kunjungan ke alamat tinggal peserta.

Bagi peserta SNMPTN yang dinyatakan lulus, dilarang mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Kepada siswa yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2019, masih mendapat kesempatan men­daftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I yang ditutup, Minggu (24/3) pukul 22.00 WIB. Pendaftaran UTBK Gelombang II dibuka, Senin (25/3) pukul 10.00 WIB dan ditutup, Senin (1/4) pukul 22.00 WIB. Siswa pendaftar Bidikmisi yang tidak lulus SNMPTN 2019, apabila ingin mengikuti UTBK tidak dikenakan biaya pendaftaran.

Mengutip pengumuman resmi LTMPT, Elvi me­nye­butkan, berdasarkan mekanisme pendaftaran dan pemba­yaran UTBK yang hanya berlaku selama 1×24 jam, para calon peserta perlu memper­hatikan jadwal penutupan pen­daf­taran UTBK Gelombang I.

Sementara, pendaftaran SBMPTN 2019 dibuka pada 10-24 Juni 2019 dan diumum­kan 9 Juli 2019. Sedangkan pendaftaran Se­leksi Jalur Mandiri dimulai pada Juli 2019 dan diumumkan pada bulan yang sama. (WPD)